Apakah Forte Favorit yang Hebat?

forte horse racing

Sabtu akan menandai putaran ke-149 dari Kentucky Derby – alias hari terbesar dalam kalender taruhan kuda Amerika – di Churchill Downs di Louisville. Meskipun ada favorit yang jelas, Forte, dalam balapan tahun ini, dia bukanlah yang menghalangi, memberi petaruh banyak pilihan yang layak saat mereka mengarahkan pandangan mereka ke papan peluang.

Seperti yang telah menjadi tradisi di sini di US Bets, kami telah mengumpulkan biro pacuan kuda kami yang ramping dan terhormat untuk memisahkan gandum dari sekam dalam Run for the Roses tahun ini.

Mike Seely: Sulit membayangkan seekor kuda memiliki resume yang lebih mengesankan daripada Forte menuju Kentucky Derby. Apakah Anda terkejut bahwa peluang garis pagi favorit ini tidak lebih pendek dari 3/1? Jika demikian, menurut Anda apa yang membuat pembuat peluang berhenti sejenak tentang kuda jantan yang dilatih Todd Pletcher ini?

Matt Rybaltowski: Bukan untuk menjadi pelawan, tapi menurut saya itu harga yang pantas untuk Forte di antrean pagi. Tahun lalu, Zandon menjadi favorit 3/1 pagi, meskipun Epicenter menjadi pilihan utama pada post time. Bagi saya, Epicenter memiliki resume yang lebih mengesankan daripada Forte menjelang Derby.

Sementara Forte membukukan angka kecepatan 100 Beyer terbaik dalam karirnya di Breeders’ Cup Juvenile November, putra Violence telah mencatat penurunan Beyers di masing-masing dari dua start terakhirnya. Forte mengatasi pos luar di Florida Derby, di mana dia ditendang ke wajahnya. Tetap saja, Forte membutuhkan desakan yang cukup besar dari Irad Ortiz Jr. untuk berlari melewati Mage di kawat. Baik Ortiz maupun pemilik Mike Repole tidak mengantisipasi penyelesaian sedekat itu.

Forte memenangkan Curlin Florida Derby @gulfstreampark. Apakah dia favorit Anda untuk memenangkan @KentuckyDerby? pic.twitter.com/fMcgyxuDhv

– Horse Racing Nation (@HR_Nation) 1 April 2023

Seandainya Forte menghasilkan upaya yang lebih mengesankan secara visual, pembuat peluang Mike Battaglia mungkin memberinya peluang lebih dekat ke 9/5 atau 2/1 untuk permata pertama Triple Crown hari Sabtu.

MS: Anda membuat beberapa poin bagus, Matty. Forte belum benar-benar membuka pintu balapan sebagai anak berusia 3 tahun, tetapi dia tampaknya menemukan cara untuk menang melawan kompetisi paling berkelas. Two Phil’s adalah kuda yang membuatku penasaran. Dia melakukan lompatan yang bagus saat berusia 3 tahun dan menjadi lebih baik di hampir setiap balapan.

Itulah jenis kuda yang ingin saya pertaruhkan di Derby, meskipun saya berharap kemenangan pamernya (yang bernama Jeff Ruby Steaks) muncul di tanah, bukan di permukaan segala cuaca Turfway. Saya juga berharap dia diberi harga lebih gemuk dari 12/1, meskipun dia juga terlihat seperti tipe keledai yang akan berselisih lebih lama mengingat koneksi tanpa nama. (Apakah Jareth Loveberry seorang joki atau pangeran Disney?)

Bahkan, itu tidak akan mengejutkan saya jika Skinner, dengan harga 20/1 pada garis pagi, akhirnya mendekati 12/1, sementara Two Phil’s mendekati 20/1.

MR: Sebelum saya menjawab secara lengkap, saya ingin mendapatkan pendapat Anda, Seels, tentang kemeja gaya Hawaii dari giliran pertama Churchill yang bersejarah. Apa yang perlu kita lakukan untuk meyakinkan para desainer agar mengenakan kaus ini untuk pratinjau Derby tahun depan?

Panggilan bagus untuk Skinner. Dia sepertinya pilihan orang bijak setelah pembelotan Wild On Ice. Jika kami menghitung Mandaloun (12/1) sebagai pemenang Derby 2021, lima dari 12 pemenang terakhir keluar dengan odds dua digit pasca-waktu.

Dua pukulan panjang menonjol bagi saya di bidang tahun ini: Disarm dan Mage. Dalam 28 dari 32 Derby terakhir, pemenang dalam pertandingan terakhirnya telah berlari 13,0 detik atau kurang dalam babak terakhir atau 38,0 detik atau kurang dalam tiga babak terakhirnya. Disarm (30/1) memiliki waktu terbaik lapangan 12,0 detik di babak terakhir, serta waktu tiga babak terakhir 36,0 detik. Mage (15/1) jauh dari mengecewakan Forte di Florida Derby. Melucuti adalah lebih dekat yang akan mendapat manfaat dari langkah panas.

Saya tidak mengatakan bahwa Disarm atau Mage akan menang pada hari Sabtu, tetapi keduanya harus mendapat pertimbangan di bawahnya.

MS: Mahalo karena memberi tahu saya tentang keberadaan kemeja-kemeja keren yang jahat ini, Ribs! Ya, saya mau, tetapi jika Churchill Downs serius ingin memperluas basis penggemarnya di negara bagian ke-50, mereka akan meminta para joki – atau setidaknya pelatih – untuk memakainya. Saya ingin sekali melihat Pletcher terpaksa melepaskan setelan hari balapannya untuk sekali ini.

Kembali ke Derby, mungkin kekecewaan terbesar di bidang ini adalah kenyataan bahwa Mandarin Hero tidak akan ada di dalamnya kecuali ada beberapa goresan yang terlambat. Saya benar-benar berpikir koneksinya kacau secara meriah dengan mengirimnya begitu terlambat dan menjadikan Derby Santa Anita sebagai urusan semua atau tidak sama sekali.

Meski begitu, ada dua kuda Jepang yang tersisa di balapan ini, salah satunya – juara Derby UEA Derma Sotogake (10/1) – bisa finis dengan uang. Apakah menurut Anda ini adalah tahun akhirnya kuda Jepang dapat tampil sangat kuat? Dan tren seperti apa yang Anda lihat pada kuda-kuda yang dikirim lumbung Jepang untuk berlomba di tanah AS?

MR: Saya menyukai usaha Derma Sotogake di Derby UEA. Peternak di Jepang semakin banyak mengimpor kecepatan dari AS dengan stamina di sisi bendungan. Mind Your Biscuits, bapaknya, memenangkan Dubai Golden Shaheen 2017, salah satu balapan sprint terbaik dunia. Di trek yang sama, Derma Sotogake menghubungkan lapangan di Derby UEA, menang dengan mudah dengan selisih lima jarak.

DERMA SOTOGAKE

“DERMA” = Dermatologi. Pemilik Hiroyuki Asanuma seorang Dokter Kulit, semua kudanya berpacu dengan awalan “DERMA”

SOTOGAKE = Manuver Sumo. Letakkan satu kaki di luar kaki lawan dan hancurkan pusat gravitasi untuk menjatuhkannyapic.twitter.com/n0yOQwhLne

– Graham Pavey (@LongBallToNoOne) 30 Maret 2023

Pemilik Hiroyuki Asanuma adalah dokter kulit berdasarkan perdagangan. Asanuma menggunakan “Derma” sebagai awalan untuk semua kudanya. Sotogake, sementara itu, adalah manuver gulat sumo, disempurnakan oleh seorang petarung saat dia melingkarkan kaki di sekitar lawannya sebagai cara untuk menjatuhkannya. Uang saya ada di Derma Sotogake untuk melakukan perjalanan ke lapangan dengan langkah yang menentukan di puncak peregangan.

Satu kekhawatiran, bagaimanapun, adalah pos luarnya, karena kudanya akan pecah dari posisi No.17. Joki Christophe Lemaire harus melakukan break dengan baik dan masuk ke dalam untuk memasuki giliran dengan paket pertama. Jika dia menerima kiriman orang dalam, saya akan merasa lebih percaya diri, tetapi saya masih menempatkan Derma di atas roda Superfecta saya. Dia mewakili peluang terbaik untuk memberi Jepang pemenang Derby pertamanya.

MS: Apa yang kita berdua maksudkan, menurut saya, adalah bahwa ini adalah bidang yang cukup terbuka — dan mungkin bukan bidang yang kuat secara historis. Bahkan entri terbaik ketiga Pletcher di atas kertas, Kingbirds yang tak terkalahkan (hanya dalam tiga percobaan), harus dianggap sebagai ancaman yang sah untuk mengambil langkah maju dalam balapan keempatnya dan menang bersama Jose Ortiz. Tidak banyak kuda yang bisa Anda lempar — bukan karena bagian bawah lapangan sangat bagus, tetapi karena bagian atas jauh dari dominan.

Tapi jika Forte menang, kita harus siap menelan kata-kata itu. Dan, tentu saja, dia harus menang – tetapi, dengan mempertimbangkan nilai, uang saya akan berada di Two Phil’s untuk membuatnya dua tahun berturut-turut di mana duo pelatih joki (Larry Rivelli) yang membuat tulangnya jauh dari cahaya terang. Churchill akan memasuki lingkaran pemenangnya.

MR: Seperti yang ditunjukkan beberapa tahun terakhir, lapangan terbuka lebar di Derby menjadi tren yang berlaku. Jeremy Balan, seorang ahli balap dan mantan kolega kami, bersemangat untuk Derby tahun lalu karena kemungkinan besar untuk pembayaran yang tinggi. Ternyata, Rich Strike mengejutkan dunia balap dengan menang 80/1.

Saya pikir sangat penting bagi olahraga untuk memiliki kandidat Triple Crown yang layak setiap tahun. Dengan penurunan jumlah penonton, olahraga ini membutuhkan superstar. Ketika American Pharoah memenangkan Kentucky Derby, Preakness, dan Belmont Stakes pada tahun 2015, dia menjadi kuda pertama yang berhasil melakukannya dalam 37 tahun. Penggemar balap hanya perlu menunggu tiga tahun lagi sebelum Justify menjadi kuda ke-13 yang merebut Triple Crown.

Memasuki Derby, Forte memiliki peluang +1200 untuk bergabung dengan klub eksklusif. Empat lainnya — Tapit Trice (33/1), Derma Sotogake Practical Move (40/1), dan Angel of Empire (50/1) — memiliki peluang 50/1 atau lebih rendah untuk memenangkan ketiganya. Sejak kemenangan Justify di Belmont, 12 kuda berbeda telah memenangkan 12 balapan Triple Crown terakhir. Sayangnya, ada kemungkinan besar rekor tersebut akan diperpanjang menjadi 15 setelah Belmont tahun ini.

Foto: Al Bello/Getty Images

Author: Bryan Rogers